"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 09 Juni 2014

Rumah Tumbuh

Bapak Rustan Panikkai DM dari Makassar baru saja membeli rumah tinggal dengan kondisi seperti pada gambar denah. Dan beliau merencanakan menambah 1 karnar tidur; memindahkan dapur dan kamar mandi/ WC untuk mendapat sirkulasi udara yang baik, terutama di dapur; membangun kamar mandi di dalam kamar utama; membangun teras depan; membangun garasi/carport. Dalam waktu 2 atau 3 tahun setelahnya beliau berencana membangun lantai atas untuk kamar tidur, kamar mandi, dan ruang keluarga. Beliau juga ingin ruang tamu dan ruang keluarga di lantai dasar bisa dilihat dari atas.

Wijoyo Hendromartono selaku Arsitek menyarankan untuk tahap awal, penambahan ruang tidur didapat dari sebagian ruang tamu. Sedangkan kamar mandi dipindahkan di antara ruang tidur utama dan ruang tidur anak 2, sehingga pemipaan bisa lebih praktis. Untuk ruang tamu dan ruang keluarga, pada tahap pertama, disarankan menjadi satu saja, karena keterbatasan ruang. Namun, apabila di kemudian hari ingin menambah lantai, ruang keluarga dapat berada di lantai atas. Ruang makan dan dapur bisa menjadi satu ruang yang cukup luas, namun nantinya dengan adanya tangga, ruang makan, dan dapur akan mengecil.

Untuk lantai atas, selain penambahan sesuai permintaan pemilik rumah, ditambahkan area servis berupa ruang cuci, setrika, dan jemur di atas ruang tidur anak 2. Seandainya memerlukan ruang pembantu, tempat ini masih bisa ditambahkan satu kamar lagi yang berukuran kecil. Untuk tahap awal, kegiatan cuci dan jemur bisa dilakukan di belakang dapur. Sebaiknya di tahap ini ruang cuci dan jemur cukup ditutup dengan paving block, sehingga di kemudian hari setelah rumah di tingkat, area ini bisa diubah menjadi taman tanpa harus membongkar lantai.
Denah rumah sebagai berikut :
Lantai 1
1. Carport
2. Ruang Tamu / Ruang Keluarga
3. Ruang Makan
4. Dapur
5. Ruang Tidur Anak 1
6. Ruang Tidur Anak 2
7. Kamar Mandi
8. Kamar Mandi Dalam
9. Ruang Tidur Utama dikecilkan agar kelebihan ruang dimanfaatkan untuk tangga

Lantai 2
10. Hall
11. Ruang Tidur 3
12. Ruang Keluarga
13. Kamar Mandi
--------------------------
Tabloid Rumah Edisi 36, II/25 Mei - 07 Juni 2004, halaman 29.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar